Ticker

6/recent/ticker-posts

Koneksi Database

Pembuatan situs web dinamis biasanya menggunakan database. PHP mensupport beberapa database diantaranya adalah MySQL dan Oracle Source code.
<?php $server="localhost"; $username="herul"; $password="hai"; $database="dbprogram"; $konek=mysql_connect($server, $username, $password) or die ("Gagal konek ke MYSQL".mysql_error()); $bukadb=mysql_select_db($database) or die ("Gagal membuka database $database".mysql_error()); ?>
Penjelasan program - $server adalah alamat host dimana anda menjalankan program anda, buatlah localhost jika anda menjalankan program ini pada komputer local. - $username adalah nama user MYSQL yang kita miliki, apabila belum ada, maka kita harus membuatnya terlebih dahulu. untuk menggunakan username anonymouse, maka kita dapat mengosongkan isi username-nya. - $password adalah password untuk user yang kita gunakan, jadi berhati-hatilah dalam membuat file ini jangan sampai diketahui oleh orang lain, karena hal ini sangat berkaitan dengan keamanan data yang kita miliki. - $database adalah nama database yang akan dikoneksikan, database ini menjadi pusat penyimpanan data pada program yang akan dibuat. - mysql_connect() Perintah ini digunakan untuk melakukan koneksi terhadap server MySQL. - mysql_select_db() Fungsi untuk dapat membuka akses database yang ada pada server MySQL. Selain memperjelas beberapa perintah di atas, anda dapat lebih memahami perjalanan setiap kode program seperti penjelasan berikut : Untuk mendefinisikan alamat komputer serta user database yang digunakan untuk login server.Apabila menggunakan user tamu(anonymouse), maka anda dapat menuliskan kodenya sebagai berikut : $server="localhost"; $username=""; $password=""; $database="dbprogram"; untuk instalasi MySQL standar, anda juga dapat menggunakan jenis koneksi root sebagai berikut : $server="localhost"; $username="root"; $password=""; $database="dbprogram"; Untuk fungsi konek servernya masih sama dengan code yang pertama. ok selamat mencoba.


Post a Comment

0 Comments